PRINSIP KERJA AIR MANCUR
Kelas/semester : IV/I
Standar
Kompetensi : 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud bwnda serta
berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.
Kompetensi
Dasar : 6.1. Mengidentifikasi
wujud benda padat, cair, dan gas memilikin sifat tertentu.
|
Model Air Mancur
Berikut ini akan
disampaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan media untuk model Air Mancur. Hal-hal tersebut meliputi
cara pembuatan media, petunjuk cara penyampaian atau penggunaan media model Air
Mancur, panduan diskusi dengan siswa berkaitan dengan penggunaan media dan
konsep-konsep sains yang ingin ditanamkan kepada siswa berkaitan dengan
penggunaan media.
|
Gambar 1. Air mancur Sederhana
Cara Pembuatan
Media dibuat dengan cara
merangkai alat dan bahan seperti pada gambar di atas. Botol yang digunakan
dapat berupa botol kaca atau botol plastik yang dilengkapi dengan tutup botol.
Masing-masing botol ditutup dengan tutup botol berlubang satu dan botol lain
ditutup dengan tutup berlubang dua. Selang
dipasang pada tutup botol dengan ketingggian pada tutup botol yang berbeda.
Botol bagian bawah berfungsi sebagai sumur, gelas/ember berfungsi untuk
menampung air yang keluar dari botol bagian atas.
Cara
Penyampaian/Penggunaan Media
1. Demonstrasikan
Model Air Mancur dengan cara membalik botol A yang telah diisi air seperti pada
gambar 1.
2.
Mintalah
siswa mengamati model Air Mancur. Saat
botol A dibalik siswa diminta mengamati volume udara di atas permukaan air pada
botol A dan air pada pipa.
3. Adapun
hasil yang diharapkan adalah sebagai berikut.
- Air dari botol A mengalir ke gelas/ember
- Air memancar ke atas
4. Mintalah
siswa mengamati, volume udara di dalam botol A saat air mengalir ke bawah. Saat
air mengalir ke bawah, volume udara di botol bagian atas bertambah besar .
5. Diskusikan kepada siswa tentang
hukum Boyle, yang menyatakan hubungan antara volume dan tekanan udara di ruang
tertutup pada saat suhu tetap. Hukum Boyle menyatakan bahwa volume udara berbanding terbalik dengan
tekanannya pada ruang tertutup pada suhu tetap. Nyatakan kepada
siswa bahwa jika dalam ruang tertutup volume
udara bertambah, maka tekanan
udaranya akan mengecil dan sebaliknya jika volume udara mengecil, maka tekanannya
akan membesar.
6. Diskusikan
kepada siswa bahwa ketika volume udara di dalam botol A membesar bagaimana
tekanannya dibandingkan tekanan udara luar. Ketika
volume udara dalam botol membesar tekananya menjadi kecil dibandingkan tekanan
udara luar.
7. Tanyakan
kepada siswa, bagaimana bila terdapat perbedaan tekanan udara pada botol bagian
atas dengan tekanan udara di atas permukaan air dalam botol B? Air
dalam botol B akan mengalir ke botol A (air memancar ke atas)
Diskusi
Konsep-konsep penting yang berkaitan dengan prinsip kerja air mancur
berdasarkan hasil pengamatan yang
diperoleh siswa melalui diskusi dengan panduan sebagai berikut.
1.
Mengapa
pada saat botol A dibalik, air mengalir dari botol A ke gelas ? Sifat
Air adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
2.
Oleh
karena air mengalir dari botol A ke gelas/ember, bagaimana volume udara di
dalam botol A dan apa akibat terhadap tekanan udaranya? Volume udara dalam botol A
menjadi besar dan tekanannya menjadi lebih kecil.
3.
Bagaimana
besar tekakan udara dalam botol A disbanding dengan tekanana udara luar? Tekanan
udara dalam botol A lebih kecil dibanding tekanan udara luar.
4.
Mengapa
air dapat memancar ke atas? Karena ada perbedaan tekanan udara antara
tekanan udara dalam botol A dengan tekanan udara luar di atas permukaaan air
dalam botol B.
Konsep-konsep yang
Ditanamkan
1. Aliran
air. Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah
2. Air
mancur. Perbedaan tekanan udara dapat menimbulkan aliran air dari tempat rendah
ke tempat tinggi
Keren
BalasHapus